Rabu, 18 Januari 2017

Sate Indonesia dan Perbedaannya


 Siapa sih yang gak tau dengan makanan yang satu ini, kalo kamu belum mencoba sate serasa ada yang kurang dalam hidupmu. Sate merupakan makanan yang terbuat dari daging yang sudah dipotong potong terus ditusukkan dengan menggunakan tusuk sate terus dibakar, yah simplenya sih seperti itu.

Di Indonesia kita mengenal banyak sekali jenis sate dari berbagai daerah contohnya sate padang, sate maranggi atau sate llit, nah dipostingan kali ini saya akan mencoba menjaelaskan tentang ciri khas dan perbedaan sate yang satu ke yang lainnya.

1. Sate Madura

Dari namanya saja kita sudah tau pasti satenya berasal dari Madura, Di Indonesia sate madura merupakan salah satu sate yang populer dan hampir semua kota di Indonesia pasti kita dapat menemukan sate madura. Ciri khas utama sate madura sendiri adalah bumbu kacangnya dan tekstur dari dagingnya yang lembut, sate ini biasanya didampingi dengan acar,lontong atau nasi.

2. Sate Padang


Sate Padang sebenarnya ada 3 jenis yaitu sate padang, sate padang panjang, dan sate pariaman. Sate padang menggunakan bahan dasar daging sapi, lidah sapi, dan jeroan, dari bahan dasarnya saja sudah sangat beda dengan sate madura. Sate Padang dibakar menggunakan arang dari tempurung kelapa dan jika sudah siap lalu ditambahkan dengan bumbu kuah kacang yang kental (teksturnya seperti bubur) yang biasanya sudah dicampur dengan cabai yang banyak sehingga rasanya pedas. Biasanya sate padang disajikan dengan ketupat dan keripik balado diatasnya.


3. Sate Maranggi


 Sate maranggi merupakan sate khas Purwakarta, Jawa Barat biasanya terbuat dari daging kambing atau sapi. Yang sangat membedakan sate maranggi sendiri dengan sate lainnya yaitu adanya proses perendaman daging ke dalam bumbu (marination) Adapun bumbu rendamnya sendiri terbuat dari paduan kecap manis dan beberapa jenis rempah, seperti jahe, ketumbar, lengkuas, kunyit. Oleh karena itu saat disajikan sate maranggi tidak ditambahkan bumbu lagi, sate maranggi biasanya disajikan dengan irisan tomat dan bawang merah agar mengimbangi rasanya.


4. Sate Lilit





Sate lilit merupakan sate khas dari Bali dan ada berbagai macam jenis bahan untuk membuat sate lilit seperti daging sapi, ayam, babi, ikan bahkan kura". Tapi yang populer adalah sate lilit yang menggunakan bahan dasar ikan, daging ikannya dihancurkan terus di campur dengan kelapa yang sudah diparut,santan, lime juice, bawang merah dan merica kemudian dililitkan di sebatang bambu atau batang serai.



Okay itulah beberapa sate yang ada di Indonesia yang bisa saya jelaskan dikarenakan jika menjelaskan semua jenis sate di Indonesia tidak akan ada habisnya. Semoga dari penjelasan saya di dapat bermanfaat thank you.
 

0 komentar:

Posting Komentar